ABSTRAK
PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI
PERUSAHAAN (KEBIJAKAN DIVIDEN SEBAGAI VARIABEL MODERATING) PADA PERUSAHAAN
MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA
Nilai perusahaan sangat penting karena dengan nilai
perusahaan yang tinggi akan diikuti oleh tingginya kemakmuran pemegang saham.
Semakin tinggi harga saham semakin tinggi pula nilai perusahaan, untuk mencapai
nilai perusahaan umumnya para pemodal menyerahkan pengelolaannya kepada para
professional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja
keuangan terhadap nilai perusahaan dengan kebijakan dividen sebagai variabel
pemoderasi.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua
perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Metode penentuan sampel yang
dilakukan dengan metode sampling jenuh, dan berdasarkan kriteria yang telah
ditentukan maka jumlah sampel adalah sebanyak 30 sampel perusahaan manufaktur
yang secara berturut-turut membagikan dividen selama periode 2006-2009. Data
penelitian merupakan data sekunder diperoleh dari Indonesian Stock Exchange
(www. idx.co.id) dan ICMD tahun 2006-2009. Pengujian hipotesis
penelitian digunakan teknik analisis berganda dan moderated regression
analysis, dengan alat bantu aplikasi SPSS (Statistical Product and
Service Solutions).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) likuiditas
berpengaruh positif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, 2) kebijakan
dividen tidak mampu secara signifikan memoderasi pengaruh likuiditas terhadap
nilai perusahaan,3) leverage berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap
nilai perusahaan, 4) kebijakan dividen tidak mampu secara signifikan memoderasi
pengaruh leverage terhadap nilai perusahaan,5) Profitabilitas berpengaruh positif
signifikan terhadap nilai perusahaan, 6) kebijakan dividen tidak mampu secara
signifikan memoderasi pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya
profitablitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan Ini
berarti Profitabilitas yang tinggi dapat memberikan nilai tambah kepada nilai
perusahaannya, yang tercermin dengan meningkatnya nilai Tobins Q. Disarankan
pada penelitian berikutnya untuk menambah variabel moderasi lainnya selain
kebijakan dividen yang digunakan dalam penelitian ini.
Kata Kunci :
Kinerja Keuangan, Nilai perusahaan dan Kebijakan Dividen
DAFTAR ISI
|
|||
SAMPUL
DALAM.........................................................................................
|
i
|
||
PRASYARAT
GELAR.................................................................................
|
ii
|
||
LEMBAR
PERSETUJUAN..........................................................................
|
iii
|
||
PENETAPANAN
PANITA PENGUJI.........................................................
|
iv
|
||
PERNYATAAN
ORISINALITAS TESIS....................................................
|
v
|
||
UCAPAN TERIMA
KASIH........................................................................
|
vi
|
||
ABSTRAK...................................................................................................
|
viii
|
||
ABSTRACT.................................................................................................
|
ix
|
||
DAFTAR
ISI...............................................................................................
|
x
|
||
DAFTAR
TABEL..........................................................................................
|
xi
|
||
DAFTAR
GAMBAR......................................................................................
|
xiii
|
||
DAFTAR
LAMPIRAN.................................................................................
|
xiv
|
||
BAB I
|
PENDAHULUAN.......................................................................
|
1
|
|
1.1
|
Latar
Belakang...........................................................................
|
1
|
|
1.2
|
Rumusan
Masalah......................................................................
|
16
|
|
1.3
|
Tujuan
Penelitian.......................................................................
|
16
|
|
1.4
|
Manfaat
Penelitian......................................................................
|
17
|
|
BAB II
|
KAJIAN
PUSTAKA.....................................................................
|
||
2.1
|
Landasan
Teori...........................................................................
|
||
2.1.1
|
Nilai Perusahaan
......................................................................
|
||
2.1.2
|
Kinerja keuangan
.....................................................................
|
23
|
|
2.1.3
|
Dividen......................................................................................
|
28
|
|
2.1.3.1 Kontroversi
Dividen.................................................................
|
30
|
||
2.1.3.2 Faktor-faktor yang
mempengaruhi Kebijakan Dividen............
|
33
|
||
2.2 Kajian
empirik..........................................................................
|
37
|
||
2.2.1 Pengaruh likuiditas
terhadap nilai perusahaan..........................
|
37
|
||
2.2.2 Pengaruh kebijakan
dividen terhadap likuiditas
|
|||
dan nilai
perusahaan..................................................................
|
39
|
||
2.2.3 Pengaruh leverage
terhadap nilai perusahaan............................
|
40
|
||
2.2.4 Pengaruh Kebijakan
dividen terhadap leverage
|
|||
dan nilai
perusahaan.....................................................................
|
41
|
||
2.2.5 Pengaruh profitabilitas
terhadap nilai perusahaan........................
|
42
|
||
2.2.6 Pengaruh kebijakan
dividen terhadap profitabilitas
|
|||
dan nilai
perusahaan.................................................................
|
43
|
||
BAB III
KERANGKA KONSEPTUAL DAN HIPOTESIS PENELITIAN
|
45
|
||
3.1
|
Kerangka
Konseptual.................................................................
|
45
|
|
3.2
|
Hipotesis.....................................................................................
|
49
|
|
BAB IV METODE
PENELITIAN..............................................................
|
50
|
||
4.1
|
Identifikasi
Variabel...................................................................
|
50
|
x
4.2 Definisi
Operasional Variabel............................................................ 50
4.3 Populasi dan
sampel.......................................................................... 54
4.4 Jenis dan
Sumber Data...................................................................... 55
4.4.1 Jenis Data.......................................................................................... 55
4.4.2 Sumber
Data...................................................................................... 56
4.5 Metode
Pengumpulan Data............................................................... 56
4.6 Teknik
Analisis Data......................................................................... 56
4.6.1 Analisis
Regresi................................................................................ 57
BAB
V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.......................... 63
5.1 Hasil
penelitian.................................................................................. 63
5.1.1 Statistik
Deskriptif............................................................................ 63
5.1.2 Uji asumsi
Klasik............................................................................... 66
5.1.2.1 Uji
Normalitas................................................................................... 66
5.1.2.2 Uji
Heteroskedastisitas...................................................................... 68
5.1.3 Analisis
regresi.................................................................................. 70
5.1.4 Uji t.................................................................................................... 73
5.2 Pembahasan....................................................................................... 75
5.3 Implikasi penelitian........................................................................... 79
BAB
VI SIMPULAN DAN SARAN 80
6.1 Kesimpulan........................................................................................ 80
6.2 Saran.................................................................................................. 81
DAFTAR
PUSTAKA......................................................................................... 83
LAMPIRAN....................................................................................................... 89
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Berdirinya sebuah perusahaan harus memiliki tujuan
yang jelas. Ada beberapa hal yang mengemukakan tujuan dari berdirinya sebuah
perusahaan. Tujuan yang pertama adalah untuk mencapai keuntungan maksimal.
Tujuan yang kedua adalah ingin memakmurkan pemilik perusahaan atau para pemilik
saham. Sedangkan tujuan perusahaan yang ketiga adalah memaksimalkan nilai
perusahaan yang tercermin pada harga sahamnya. Ketiga tujuan perusahaan
tersebut sebenarnya secara substansial tidak banyak berbeda. Hanya saja
penekanan yang ingin dicapai oleh masing-masing perusahaan berbeda antara yang
satu dengan yang lainnya. (Harjito dan Martono, 2005).
Nilai perusahaan dapat memberikan kemakmuran
pemegang saham secara maksimum apabila harga saham meningkat. Semakin tinggi
harga saham sebuah perusahaan, maka makin tinggi kemakmuran pemegang saham. Enterprise
Value
(EV)
atau dikenal juga sebagai firm value (nilai perusahaan) merupakan konsep
penting bagi investor, karena merupakan indikator bagi pasar menilai perusahaan
secara keseluruhan (Nurlela dan Ishaluddin, 2008 dalam Kusumadilaga, 2010).
Wahyudi, Nurlela dan Ishaluddin (2008) dalam Kusumadilaga (2010) menyebutkan
bahwa nilai perusahaan merupakan harga yang bersedia dibayar oleh calon pembeli
jika perusahaan tersebut dijual. Nilai perusahaan merupakan cerminan dari
penambahan dari jumlah ekuitas perusahaan dengan hutang perusahaan. Ada
beberapa faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan, yaitu :
1
keputusan
pendanaan, kebijakan dividen, keputusan investasi, struktur modal, pertumbuhan
perusahaan, ukuran perusahaan. Beberapa faktor tersebut memiliki hubungan dan
pengaruh terhadap nilai perusahaan yang tidak konsisten. Nilai perusahaan
adalah nilai laba masa yang akan datang di ekspektasi yang dihitung kembali
dengan suku bunga yang tepat (Winardi, 2001 dalam Kusumadilaga, 2010).
Pesatnya perkembangan
Bursa Efek Indonesia saat ini tidak dapat dipisahkan dari peran investor yang
melakukan transaksi di Bursa Efek Indonesia. Sebelum seorang investor akan
memutuskan akan menginvestasikan dananya di pasar modal (dengan membeli
sekuritas yang diperdagangkan di bursa) ada kegiatan terpenting yang perlu
untuk dilakukan, yaitu penilaian dengan cermat terhadap emiten, ia harus
percaya bahwa informasi yang diterimanya adalah informasi yang benar. Sistem
perdagangan di bursa dapat dipercaya, serta tidak ada pihak lain yang
memanipulasi informasi dalam perdagangan tersebut. Tanpa keyakinan tersebut,
pemodal tentunya tidak akan bersedia membeli sekuritas yang ditawarkan
perusahaan (atau diperjual-belikan di bursa). Indikator kepercayaan pemodal
akan pasar modal dan instrumen-instrumen keuangannya, dicerminkan antara lain
oleh dana masyarakat yang dihimpun di pasar modal (Pinuji, 2009).
Salah satu faktor yang
mendukung kepercayaan pemodal adalah persepsi mereka akan kewajaran harga
sekuritas (saham). Keadaan seperti itu, pasar modal dikatakan efisiensi secara
informasional. Pasar modal dikatakan efisiensi secara informasional apabila
harga sekuritas-sekuritasnya mencerminkan semua informasi yang relevan.
Informasi yang tidak benar dan tidak tepat tentunya akan
menyesatkan
para pemodal dalam melakukan investasi pada sekuritas, sehingga hal ini dapat
merugikan para pemodal. Semakin cepat dan tepat informasi sampai kepada calon
pemodal dan dicerminkan pada harga saham, maka pasar modal yang bersangkutan
semakin efisien (Imron, 2002 dalam Pinuji, 2009).
Kinerja keuangan perusahaan merupakan salah satu
faktor yang dilihat oleh calon investor untuk menentukan investasi saham. Bagi
sebuah perusahaan, menjaga dan meningkatkan kinerja keuangan adalah suatu
keharusan agar saham tersebut tetap eksis dan tetap diminati oleh investor.
Laporan keuangan yang diterbitkan perusahaan merupakan cerminan dari kinerja
keuangan perusahaan. Laporan keuangan adalah akhir dari proses akuntansi dengan
tujuan untuk memberikan infomasi keuangan yang dapat menjelaskan kondisi
perusahaan dalam suatu periode. Informasi keuangan tersebut mempunyai fungsi
sebagai sarana informasi, alat pertanggungjawaban manajemen kepada pemilik
perusahaan, penggambaran terhadap indikator keberhasilan perusahaan dan sebagai
bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan (Harahap, 2004). Para pelaku
pasar modal seringkali menggunakan informasi tersebut sebagai tolak-ukur atau
pedoman dalam melakukan transaksi jual-beli saham suatu perusahaan.
Laporan keuangan dijadikan sebagai salah satu alat
pengambilan keputusan yang andal dan bermanfaat, sebuah laporan keuangan
haruslah memiliki kandungan informasi yang bernilai tinggi bagi penggunanya
(Wintoro, 2002 dalam Raharjo, 2005). Informasi tersebut setidaknya harus memungkinkan
investor dapat melakukan proses penilaian (valuation) saham yang
mencerminkan hubungan antara risiko dan hasil pengembalian yang sesuai dengan
preferensi
masing-masing
jenis saham. Suatu laporan keuangan dikatakan memiliki kandungan informasi bila
publikasi dari laporan keuangan tersebut menimbulkan reaksi pasar. Bahasa
teknis pasar modal istilah reaksi pasar ini mengacu pada perilaku investor dan
perilaku pasar lainnya untuk melakukan transaksi (menjual atau membeli saham)
sebagai tanggapan atas keputusan penting emiten yang disampaikan ke pasar.
Reaksi pasar ini akan ditunjukkan dengan adanya perubahan dari harga sekuritas
yang bersangkutan (Husnan, 2002).
Pengukuran kinerja perusahaan merupakan salah satu
indikator yang dipergunakan oleh investor untuk menilai suatu perusahaan dari
harga pasar saham tersebut di bursa efek Indonesia. Semakin baik kinerja
perusahaan maka akan semakin tinggi return yang akan diperoleh oleh
investor. Umumnya investor akan mencari perusahaan yang mempunyai kinerja
terbaik dan menanamkan modalnya pada perusahaan tersebut. Dikatakan perolehan
modal perusahaan dan nilai perusahaan akan meningkat apabila perusahaan
memiliki reputasi baik yang tercermin dalam laporan keuangannya. Horne (2005)
menyatakan bahwa pengukuran kinerja keuangan meliputi hasil perhitungan
rasio-rasio keuangan yang berbasis pada laporan keuangan perusahaan yang
dipublikasikan dan telah di audit akuntan publik. Rasio-rasio tersebut di
rancang untuk membantu para analisis atau investor dalam mengevaluasi suatu
perusahaan berdasarkan laporan keuangannya.
Penggunaan informasi keuangan yang disediakan sebuah
perusahaan biasanya analis atau investor akan menghitung rasio-rasio
keuangannya yang mencakup rasio likuiditas, leverage, aktivitas dan
profitabilitas perusahaan untuk
dasar
pertimbangan dalam keputusan investasi. Dalam penelitian ini menggunakan rasio
likuiditas, leverage dan profitabilitas (Riyanto, 2001).
Likuiditas menggambarkan kemampuan suatu perusahaan
untuk memenuhi kewajiban finansialnya yang segera harus dipenuhi. Likuiditas
akan mempengaruhi besar kecilnya dividen yang dibayarkan kepada para pemegang
saham. Dividen merupakan arus kas keluar, maka semakin besar jumlah kas yang
tersedia maka dianggap baiknya likuiditas perusahaan, semakin besar pula
kemampuan perusahaan untuk membayar dividen (Harjito dan Martono ,2001).
Tingkat likuiditas yang tinggi akan menunjukkan bahwa perusahaan berada dalam
kondisi yang baik sehingga akan menambah permintaan akan saham dan tentunya
akan menaikkan harga saham. Harga saham juga akan cenderung mengalami penurunan
jika investor menganggap perusahaan sudah terlalu likuid yang artinya terdapat
aktiva produktif yang tidak dimanfaatkan oleh perusahaan, dan tidak
dimanfaatkannya aktiva tersebut akan menambah beban bagi perusahaan karena
biaya perawatan dan biaya penyimpanan yang harus terus di bayar (Prayitno,
2008). Penelitian ini menggunakan rasio likuiditas yang diwakili oleh cash
ratio (CR) yaitu rasio yang menggambarkan kemampuan perusahaan untuk membayar
utang yang harus dipenuhi dengan kas yang tersedia dalam perusahaan.
Profitabilitas mengukur kemampuan perusahaan untuk
menghasilkan laba. Rasio profitabilitas dalam penelitian ini diwakili oleh return
on equity (ROE). ROE merupakan rasio yang menunjukkan tingkat pengembalian
yang diperoleh pemilik atau pemegang saham atas investasi di perusahaan. ROE
membandingkan besarnya laba bersih terhadap ekuitas saham biasa. Semakin tinggi
ROE
menunjukkan
bahwa semakin tinggi tingkat pengembalian terhadap investasi yang dilakukan dan
semakin rendah ROE suatu perusahaan maka tingkat pengembaliannya akan semakin
rendah pula. Seorang calon investor perlu melihat ROE suatu perusahaan sebelum
memutuskan melakukan investasi supaya dapat mengetahui seberapa banyak yang
akan dihasilkan dari investasi yang dilakukannya (Sitepu, 2010). Semakin tinggi
tingkat laba yang diperoleh, maka kemampuan perusahaan untuk membayar dividen
juga akan semakin tinggi dan harga saham perusahaan akan semakin meningkat.
Leverage mengukur
kemampuan perusahaan untuk memenuhi seluruh kewajiban finansialnya yang
terdiri dari utang jangka pendek dan utang jangka panjangnya. Leverage
dalam penelitian ini diwakili oleh debt to equity ratio
(DER).
DER merupakan rasio yang membandingkan total utang ekuitas. Rasio ini mengukur
persentase dari dana yang diberikan oleh para kreditur. Total utang meliputi
kewajiban lancar dan kewajiban jangka panjang. DER mencerminkan kemampuan
perusahaan untuk membayar atau memenuhi kewajibannya dengan modal sendiri. DER
menunjukkan hubungan antara jumlah pinjaman yang diberikan oleh pemilik
perusahaan. Semakin besar rasio ini menunjukkan bahwa semakin besar struktur
modal yang berasal dari utang digunakan untuk mendanai ekuitas yang ada,
seperti yang dikemukakan oleh Warren et al. (2004) dalam Sitepu (2010)
bahwa “semakin kecil rasio DER, semakin baik kemampuan perusahaan untuk dapat
bertahan dalam kondisi yang buruk”. Rasio DER yang kecil menunjukkan bahwa
perusahaan masih mampu memenuhi kewajibannya kepada kreditur.
Nilai perusahaan dapat dilihat dari kemampuan
perusahaan membayar dividen. Dividen adalah proporsi laba yang dibagikan kepada
para pemegang saham dalam jumlah yang sebanding dengan jumlah lembar saham yang
dimiliknya (Sunariyah, 2004). Ada saatnya dividen tersebut tidak dibagikan oleh
perusahaan karena perusahaan merasa perlu untuk menginvestasikan kembali laba
yang diperolehnya. Besarnya dividen tersebut dapat mempengaruhi harga saham.
Apabila dividen yang dibayar tinggi, maka harga saham cenderung tinggi sehingga
nilai perusahaan juga tinggi dan jika dividen dibayarkan kepada pemegang saham
kecil maka harga saham perusahaan yang membagikannya tersebut juga rendah.
Kemampuan sebuah perusahaan membayar dividen erat hubungannya dengan kemampuan
perusahaan memperoleh laba. Jika perusahaan memperoleh laba yang tinggi, maka
kemampuan perusahaan akan membayarkan dividen juga tinggi. Dengan dividen yang
besar akan meningkatkan nilai perusahaan (Harjito dan Martono, 2005).
Investor dalam menentukan saham yang akan dibeli
atau dijual, akan mempertimbangkan informasi yang tersedia. Informasi tersebut
berguna dalam menentukan tingkat keuntungan beserta risiko saham yang akan
dijual atau dibeli. Salah satu informasi yang dapat diperoleh seorang investor
adalah pengumuman pembayaran dividen. Pengumuman tersebut di dalam pasar modal
tertera nama saham, tanggal pengumuman, jumlah dividen yang dibagikan serta
jenis dividen. Menurut Mullins (1983) seperti yang dikutip Bandi, Hartono (2000),
dalam Wardani (2009) pengumuman pembayaran dividen merupakan sumber informasi
dan menyebabkan reaksi pasar kuat dan positif. Informasi atas
dividen menghipotesiskan bahwa para
manager menggunakan pengumuman dividen untuk memberi sinyal perubahan dalam
pengharapannya tentang prospek perusahaan yang akan datang (Aharony dan Swary,
1980 dalam Wardani, 2009).
Kebijakan dividen menyangkut masalah penggunaan laba
yang menjadi hak para pemegang saham. Pada dasarnya, laba tersebut bisa dibagi
sebagai dividen atau ditahan untuk di investasikan kembali di dalam perusahaan.
Apabila perusahaan memilih untuk membagikan laba sebagai dividen, maka akan
mengurangi laba yang ditahan dan selanjutnya mengurangi total sumber dana
internal. Jika perusahaan memilih untuk menahan laba yang diperoleh, maka
kemampuan pembentukan dana internal akan makin besar. Saat laba akan dibagi
atau ditahan, tetap harus mempertimbangkan tujuan perusahaan yaitu
memaksimumkan kemakmuran para pemegang saham dan meningkatkan nilai perusahaan.
Kebijakan dividen sangat penting karena mempengaruhi
kesempatan investasi perusahaan, harga saham, struktur finansial, arus pendanaan
dan posisi likuiditas. Dengan perkataan lain, kebijakan dividen menyediakan
informasi mengenai performa (performance) perusahaan. Masing-masing
perusahaan menetapkan kebijakan dividen yang berbeda-beda, karena kebijakan
dividen berpengaruh dalam membayar dividen kepada para pemegang sahamnya, maka
perusahaan mungkin tidak dapat mempertahankan dana yang cukup untuk membiayai
pertumbuhannya di masa mendatang. Perusahaan harus dapat mempertimbangkan
antara
besarnya laba yang akan ditahan untuk mengembangkan perusahaan (Nurmala, 2006).
Besar Kecilnya dividen yang dibayarkan kepada
pemegang saham tergantung pada kebijakan dividen masing-masing perusahaan dan
dilakukan berdasarkan pertimbangan berbagai faktor. Menurut Gitman (2003)
faktor-faktor yang mempengaruhi kebijakan dividen suatu perusahaan adalah debt
covenant, likuiditas, posisi kas, prospek pertumbuhan perusahaan dan kuasa
kendali para pemegang saham yang memiliki mayoritas saham perusahaan.
Kebijakan dividen sebagai variabel pemoderasi
pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan, hal ini dikarenakan
kebijakan dividen menjadi pusat perhatian banyak pihak seperti pemegang saham,
kreditor, maupun pihak eksternal lain yang memiliki kepentingan dari informasi
yang dikeluarkan perusahaan (Kartika, 2005 dalam Erlangga, 2009). Dividen
memiliki atau mengandung informasi sebagai syarat prospek perusahaan. Semakin
besar dividen yang dibagikan kepada pemegang saham, maka kinerja perusahaan
akan dianggap semakin baik, dan pada akhirnya penilaian terhadap perusahaan
yang tercermin melalui harga saham akan semakin baik pula (Rozeff, 1982 dalam
Erlangga, 2009).
Beberapa penelitian telah mengembangkan dan menguji
berbagai model untuk menjelaskan perilaku dividen. Telah dilakukan survei
terhadap manajer kantor pusat dan investor untuk menentukan pandangan beberapa
peneliti tersebut mengenai dividen. Memahami keyakinan manajer yang terlibat
dalam penetapan
kebijakan
dividen mungkin memberi kontribusi terhadap pemahaman mengenai mengapa
perusahaan membayar dividen kas. Penelitian yang dilakukan oleh Baker dan
Powell ini juga memberi kontribusi terhadap riset survei mengenai kebijakan
dividen. Bukti-bukti temuan menunjukkan: (1). Sebagian besar responden yakin
bahwa kebijakan dividen mempengaruhi nilai perusahaan. (2). Responden biasanya
mengatakan sangat setuju dengan pernyataan mengenai signaling explanation dari
relevansi dividen. (3). Pandangan manajer mengenai penetapan pembayaran
dividen saat ini konsisten dengan yang dilaporkan oleh manajer menurut
wawancara yang dilakukan oleh Litner (1956) (Apriani, 2005).
Survei yang telah dilakukan oleh Farrely, Baker dan
Edelman (1985) dalam Apriani (2005), menunjukkan bahwa manajer kantor pusat
yakin kalau kebijakan dividen mempengaruhi nilai perusahaan dan bahwa terdapat
tingkatan optimal pembayaran dividen. Dalam praktek sebagian besar perusahaan
membayar dividen meskipun membayar dividen membutuhkan biaya. Investor akan
menggunakan pengumuman dividen sebagai informasi untuk menilai harga saham
perusahaan. Banyak bukti empiris mendukung pandangan mengenai dividen sebagai signaling
(Baker dan Powell, 1999 dalam Apriani (2005). Penelitian Baskin (1989)
menyimpulkan bahwa manajer mungkin dapat mengembangkan kebijakan dividen untuk
mempengaruhi harga sahamnya (Apriani, 2005). Penelitian yang dilakukan Apriani
(2005) menyimpulkan bahwa pasar bereaksi kuat terhadap pengumuman
kenaikan/penurunan dividen, yang ditunjukkan dengan adanya perbedaan harga
saham sebelum dan sesudah pengumuman kenaikan/penurunan dividen. Penelitian
Apriani mendukung
penelitian
yang dilakukan oleh Aharony, Falk dan Swary (1988) dan Impson (1997).
Alasan penelitian ini menggunakan dividend payout
ratio (DPR) untuk mewakili kebijakan dividen dikarenakan DPR pada
hakikatnya adalah menentukan porsi keuntungan yang akan dibagikan kepada para
pemegang saham, dan yang akan ditahan sebagai bagian dari laba ditahan. (Miller
dan Modigliani, 1961 dalam Saxena, 1995), telah mengembangkan irrelevant
dividend, yang selanjutnya disusul dengan beberapa studi yang membahas
tentang pembayaran dividen dan berbagai variasi dalam kebijakan pembayaran
dividen dan berbagai variasi dalam kebijakan pembayaran dividen dengan
memfokuskan pada ketidaksempurnaan pasar. Brigham (2006) juga mengatakan bahwa
manajer percaya bahwa investor lebih menyukai perusahaan yang mengikuti dividen
payout ratio yang stabil.
Perekonomian di Indonesia dipengaruhi oleh
pertumbuhan sektor industri manufaktur. Industri manufaktur memberikan
kontribusi yang besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Perusahaan
manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) sampai tahun 2010
sebanyak 170 perusahaan dari 477 perusahaan. Hal ini menunjukkan bahwa peran
serta industri manufaktur dalam perekonomian di Indonesia mempunyai posisi yang
dominan. Kelompok industri manufaktur memiliki target dividend payout ratio
paling tinggi dibandingkan dengan kelompok industri lainnya.
Siregar (2010) dalam penelitiannya mengenai pengaruh
kinerja keuangan terhadap harga saham menyimpulkan bahwa ROE dan DER secara
parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Susilo (2009)
dalam penelitiannya dengan menggunakan variabel ROE, memiliki pengaruh
signifikan terhadap perubahan harga saham. Penelitian Siregar (2010) didukung
juga oleh Fitriyanti (2009) yang menemukan bahwa variabel DER berpengaruh
terhadap harga saham secara parsial maupun simultan. Lestyorini (2008) juga
melakukan penelitian mengenai pengaruh kinerja keuangan terhadap harga saham
dan menemukan hasil penelitian yang berbeda dengan Fitriyanti (2009), Susilo
(2009) dan Siregar (2010). Hasil penelitian Lestroyini (2010) dengan
menggunakan variabel keuangan ROE, ROI, EPS dan DER menemukan bahwa secara
individu/parsial hanya ROI dan EPS yang berpengaruh terhadap harga saham dan
secara simultan (ROE ROI, EPS dan DER) berpengaruh terhadap harga saham.
Penelitian Fitriyanti (2009) dengan menggunakan DER dan Jhojor (2009)
menggunakan ROE menemukan hasil parsial serupa yang ditemukan Lestroyini
(2010).
Penelitian mengenai pengaruh kinerja keuangan
terhadap kebijakan dividen telah banyak dilakukan. Sujasno, (2004) menemukan
bahwa cash ratio, debt ratio dan return investement (ROI) secara
parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap DPR (dividend
payout ratio). Hartoyo (2008) dengan menggunakan analisis faktor, menemukan
bahwa ROE dan DER berpengaruh terhadap DPR (dividend payout ratio).
Berbeda dengan Marlina dan Danica (2009) dengan menggunakan variabel keuangan cash
position, debt to equity ratio dan return on
assets,
debt to equity ratio tidak mempunyai pengaruh signifikan
terhadap dividend payout ratio. Nugroho (2004) dengan menggunakan
analisis faktor dalam penelitiannya menemukan bahwa cash ratio
tidak berpengaruh terhadap dividend payout ratio. Lestari (2009) menguji
pengaruh faktor-faktor terhadap dividend payout Ratio dengan salah satu
variabel Return on Equity menemukan bahwa Return on Equity
tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap dividend payout ratio.
Sembiring (2010) yang menguji pengaruh struktur
modal dan kebijakan dividen terhadap harga saham. Hasil penelitian menemukan
secara simultan struktur modal berpengaruh signifikan terhadap harga saham.
Secara parsial hanya kebijakan dividen (dividend payout ratio) yang
mempunyai pengaruh positif terhadap harga saham. Hasugian (2008) menemukan
hasil yang berbeda dengan Sembiring (2010), dimana kebijakan dividen sebagai
salah satu faktor independent terhadap harga saham sebagai variabel
dependent menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh kebijakan
dividen secara parsial dan simultan terhadap harga saham setelah ex dividend
day.
Berdasarkan penjelasan dan hasil penelitan secara
parsial dan simultan antara variabel di atas diperoleh bahwa kinerja keuangan
yang diwakili oleh likuiditas, leverage dan profitabilitas memiliki
pengaruh terhadap nilai perusahaan yang tercermin dari harga saham. Arus
kas merupakan cerminan kinerja manajemen keuangan dalam mengambil keputusan
keuangan. Arus kas di dalam penelitian ini didefinisikan sebagai likuiditas.
Karena likuiditas dapat memberikan kemakmuran terhadap pemegang saham apabila
perusahaan memiliki kas yang
benar-benar
bebas, untuk dibagikan kepada pemegang saham sebagai dividen dan memberikan
sinyal positif bagi investor mengenai kepemilikan kas perusahaan untuk
membiayai aktivitas produksinya. Hutang dalam penelitian ini di definisikan
sebagai leverage. Hutang merupakan modal yang berasal dari luar
perusahaan yang sifatnya bekerja sementara di dalam perusahaan, dan bagi
perusahaan yang bersangkutan modal tersebut hutang, yang pada saatnya harus
dikembalikan. Semakin tinggi hutang yang dimiliki, semakin kecil kemampuan
perusahaan memenuhi kewajibannya kepada pemegang saham berupa dividen dan
semakin buruk penilaian investor terhadap perusahaan. Investor yang melakukan
investasi di sebuah perusahaan dapat dilihat melalui profitabilitas.
Profitabilitas menunjukkan tingkat pengembalian terhadap sebuah investasi.
Semakin tinggi laba perusahaan, kemampuan untuk mengembalikan dana dalam bentuk
dividen akan semakin tinggi untuk memakmurkan investor atau pemilik saham.
Apabila profitabilitas dinilai tinggi oleh investor, maka hal ini pada
gilirannya akan menyebabkan peningkatan harga saham karena tingkat pengembalian
investasi tinggi. Pemaksimuman kesejahteraan pemilik perusahaan berpengaruh
terhadap nilai perusahaan, karena akan memberikan sinyal positif bagi investor atau
calon investor.
Kebijakan dividen menarik digunakan sebagai variabel
moderasi antara kinerja keuangan dan nilai perusahaan dalam penelitian ini,
karena perusahaan akan memaksimumkan nilai perusahaan dapat dicapai bila
perusahaan memperhatikan stake holder atau pemegang saham. Keseimbangan
pencapaian tujuan stake holder perusahaan berpeluang mendapatkan
keuntungan optimal
sehingga
kinerja perusahaan akan dinilai baik oleh investor. Kinerja keuangan yang
diwakili oleh likuiditas, leverage dan profitabilitas yang baik akan
direspon positif oleh investor. Respon positif ini akan ditunjukkan dengan
meningkatnya permintaan saham perusahaan. Apabila permintaan saham meningkat
sedang yang sudah memiliki saham tersebut juga enggan menjual (karena kinerja
perusahaa bagus) maka harga saham akan meningkat. Meningkatnya harga saham akan
meningkatkan nilai perusahaan, karena nilai perusahaan salah satu di ukur
dengan mengalikan jumlah saham yang beredar dengan harga pasar saham (Murtini,
2008). Hasil kontroversi pada penelitian mengenai kebijakan dividen sebagai
pemoderasi antara kinerja keuangan dan nilai perusahaan sebelumnya yang
dilakukan oleh Enggar (2009) pada perusahaan manufakur yang menemukan kebijakan
dividen mampu memoderasi kinerja keuangan dan nilai perusahaan. Berbeda dengan
Murtini (2008) yang menemukan kebijakan dividen tidak mampu mempengaruhi nilai
perusahan.
Penelitian tentang nilai perusahaan menarik untuk
diteliti karena berdasarkan hasil-hasil penelitian sebelumnya masih ditemukan
hasil-hasil penelitian yang kontroversi antara variabel dependent (X)
terhadap variabel independent (Y) dan variabel moderasi (Z). Berbeda
dengan penelitian sebelumnya, penelitian ini tidak hanya untuk mengetahui
pengaruh kinerja keuangan, kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan, dalam
penelitian ini kebijakan dividen digunakan sebagai variabel moderasi antara
kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan dan menguji lebih lanjut hasil
penelitian yang diperoleh oleh Enggar (2009) dan Murtini (2008).
1.2
Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian dari latar belakang tersebut,
maka yang menjadi pokok permasalahan pada penelitian ini adalah :
1)
Apakah
likuiditas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan?
2)
Apakah kebijakan dividen mampu
memoderasi pengaruh likuiditas terhadap nilai perusahaan?
3)
Apakah
leverage berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan?
4)
Apakah kebijakan dividen mampu
memoderasi pengaruh leverage terhadap nilai perusahaan?
5)
Apakah
profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan?
6)
Apakah kebijakan dividen mampu memoderasi
pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar